Salurkan Bantuan Bahan Pokok, PTPI Bantu Masyarakat Penambang di Desa Pasir Ipis Sukabumi

News179 Dilihat

Sukabumi – Bentuk kepedulian Ketua Perhimpunan Teknik Pertambangan Indonesia (PTPI) dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat penambang.

Kepedulian kepada masyarakat Ds. Pasir Ipis di Kecamatan Surade, Kab Sukabumi masih terus bermunculan. Kini, Perhimpunan Teknik Pertambangan Indonesia (PTPI) memberi bantuan bahan pokok kepada warga masyarakat penambang terdampak Covid 19.

Ketua Perhimpunan Teknik Pertambangan Indonesia (PTPI) Yudi Suherlan menjelaskan, bantuan dipusatkan di Desa Pasir Ipis Kecamatan Surade, yang masih belum banyak tersentuh oleh bantuan. Sedikitnya 300 paket sembako diberikan oleh PTPI.

“Kami memilih lokasi di Desa tersebut karena sekarang lagi ada Virus Corona varian Omicron, jadi semakin terlupakan,” kata Yudi.

Dia mengatakan selain akan memberikan bantuan sembako kepada warga masyarakat, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi terkait dengan tehnik penambangan yang ramah lingkungan serta penggunaan bahan kimia yang tidak merusak lingkungan.

PTPI yang konsen terhadap isu-isu di sektor pertambangan menyampaikan, adanya Undang-undang yang baru juga turut menjadi perhatiannya karena ada beberapa pasal yang menjadi pro dan kontra ditengah masyarakat terutama para aktivis lingkungan yang lain, pengamat pertambangan serta mahasiswa yang saat ini bersama jaringan pro pertambangan.

“Saya akan mendukung sikap Pemerintah apabila Undang-undang tersebut mempunyai manfaat besar terutama pertambangan rakyat yang sampai saat ini terpinggirkan, saya berharap dengan UU Minerba baru dapat mendorong pengembangan peningkatan nilai tambah (PNT) terutama pada sektor mineral logam,” bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa Pasir Ipis H Dili Daili menerangkan paket berisi sembako ini sangat berarti bagi masyarakat yang membutuhkan, karena imbas dari Pemutusan Hubungan Kerja serta minimnya investor yang membuka lapangan kerja.

“Bantuan dari Pengamat bidang pertambangan batubara, nikel dan investasi sudah dilaksanakan khususnya daerah Paparean. Kami sangat berterimakasih kepada pihak yang terkait atas terlaksananya Baksos ini, semoga menjadi manfaat untuk seluruh warga yang berada dikawasan industri ini,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *